Thursday 18 September 2014

5 Tips Sehat untuk Rambut Pria



Bukankah sesuatu yang luar biasa, jika setiap hari rambut anda dalam kondisi yang baik? Untungnya, tidak peduli apa jenis rambut Anda, kunci Anda dapat terlihat sehat dan berkilau dalam situasi apa pun. Pada artikel ini, Anda akan menemukan beberapa tips sehat umum untuk rambut pria.

Perlakukan Rambut Basah dengan Perawatan Khusus

rambut pria
Komponen utama rambut adalah protein yang disebut keratin. Banyaknya kandungan air dan melemahnya molekul keratin membuat rambut lebih rapuh saat basah. 

Sayangnya, ini hanya ketika rambut mendapat perlakuan yang terburuk: mencuci, pengeringan dan memakai berbagai macam produk rambut 

Untuk meminimalkan kerusakan, cucilah rambut seperlunya saja jika Anda memiliki rambut alami berminyak. terlalu sering mencuci dapat mengusamkan rambut karena melepas minyak pelindung yang baik untuk rambut. 

Lakukan rutinitas mencuci rambut Anda selembut mungkin. Gunakan air hangat, bukan air panas. Pijat kulit kepala daripada menggosok, dan keringkan rambut dengan handuk jangan menggunakan hair dryer. Rapikan rambut anda yang kusut dengan sisir bergigi lebar.

Waspada terhadap Produk Rambut Pria yang Berminyak

Dari model rambut pria yang licin sampai spiky, gel dan produk rambut styling lainnya dapat membuat rambut Anda tampak keren dan berbentuk sesuai keinginan tetapi hal ini sangat berbahaya bagi rambut jika pemakaiannya sembarangan/berlebihan. Gel membuat rambut anda mudah dibentuk karena menggunakan polimer - yaitu, plastik - dilarutkan dalam alkohol. Alkohol dapat melemahkan keratin dan jalur rambut kelembaban dan minyak. Yang merusak keratin, meninggalkan rambut yang lemah dan rapuh. Gunakan gel secara hemat, sebaiknya gunakan gel yang bebas alkohol. 

Pomades dan waxes, di sisi lain, mengandung bahan-bahan yang lebih berat seperti petroleum jelly dan lilin lebah. Membersihkan pemakaian pomades atau wax memerlukan pencucian berulang-ulang atau sampo yang lebih banyak dari yang Anda biasa gunakan, yang juga dapat merusak rambut. Banyak produk styling rambut baru yang menggunakan formula berbasis air membantu menghindari masalah ini. Gunakan secara bijaksana.

Cocokkan Shampoo Anda dengan Tipe Rambut

Mencari shampoo yang berbeda untuk berbagai jenis rambut bukan hanya taktik pemasaran. Produk-produk ini mengandung bahan-bahan tertentu untuk memperbaiki masalah seperti kekeringan dan kelebihan minyak di rambut. 

Shampoo untuk rambut kering mengandung lemak atau minyak, humectants (bahan seperti gliserin atau gliserol), dan panthenol (vitamin B5). Shampoo untuk merawat rambut berminyak dengan minyak alami, termasuk minyak pohon teh, rosemary dan chamomile. Rambut rapuh yang bercabang dengan mudah bisa mendapatkan perbaikan dari protein, seperti kolagen, keratin, dan gandum dan protein sutra. 

Ketika membandingkan merek sampo rambut pria, jangan menilai berdasarkan harga saja. Produk yang paling mahal dan kadang-kadang yang termurah sekalipun mengandung bahan aktif yang sama. Cari salah satu yang terbaik bagi Anda.

Potong Rambut Secara Rutin

Setelah rambut tumbuh dari kulit kepala Anda, ujung rambut akan semakin menuai sampai enam tahun. Ini terlihat dari kekusutan dan keausan rambut. Juga, rambut secara alami kehilangan kelembaban dengan usia. Penutup luar pelindung rambut (kutikula) dapat membelah ujung rambut, yang berdampak kelemahan, kekeringan dan kerusakan pada rambut.

Potong rambut secara teratur membantu mengatasi masalah pada ujung rambut. Kekuatan rambut bervariasi dari gen, seringnya pencucian, perawatan, paparan sinar matahari dan panas. Karena kutikula rambut yang sehat akan memantulkan sinar matahari sehingga tampak bercahaya, rambut yang kusam adalah tanda bahwa kutikula rambut mulai rusak. Cegah secepatnya untuk menghindari kerusakan pada rambut.

Makan yang Sehat dan Olahraga Teratur

Makan makanan yang sehat adalah satu-satunya cara untuk benar-benar menyuburkan rambut. Zat diterapkan dari luar hanya dapat memperbaiki penampilan dan tekstur. 

Rambut membutuhkan spektrum nutrisi yang sama dengan anggota tubuh lainnya, dan beberapa nutrisi sangat bermanfaat. Misalnya, sebagian besar rambut adalah protein. Daging dan produk susu mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, menyusul kedelai di tempat kedua. 

Nutrisi Biotin, vitamin B, memberikan kelembutan dan kekuatan pada rambut. Ini ditemukan dalam beras merah, sayuran hijau dan telur. Omega-3 asam lemak pada ikan dan kacang-kacangan sangat baik untuk kulit kepala. Mendapatkan cukup cairan dalam makanan dan minuman juga penting untuk rambut yang lebih sehat. 

Apa hubungannya berolahraga dengan rambut pria? Olahraga dapat meningkatkan aliran darah, memberikan semua nutrisi tersebut untuk kulit kepala Anda, dimana kulit kepala sehat adalah awal tumbuhnya rambut yang sehat

No comments:

Post a Comment